10 Penyebab Gagalnya Wawancara Kerja (Part 2)

- Mei 23, 2019



Selain 5 hal yang bisa menjadi penyebab gagalnya wawancara kerja yang disebutkan di Part Sebelumnya. 5 Hal berikut juga bisa menjadi faktor lainnya yang menyebabkan kamu gagal diterima kerja. Cek lagi satu-satu, yuk!


6. Hadir dengan pakaian yang kurang sesuai
Buatlah kesan baik pada pandangan pertama. Tentu saja hal ini berkaitan dengan penampilanmu. Berpakaianlah secara rapi dan sederhana. Jangan terlalu menonjolkan banyak aksen. Gunakanlah pakaian dengan ukuran yang sesuai, jangan kebesaran dan kekecilan. Buatlah dirimu nyaman dengan pakaian yang kamu gunakan, hal ini bisa membuat kamu terlihat lebih luwes dan percaya diri.


7. Memberikan jawaban yang tidak jujur saat ditanya
Kejujuran adalah kunci kesuksesan, begitu pepatah yang sering kita dengar. Dan hal ini pun berlaku untuk sesi wawancaramu. Jawablah pertanyaan secara lugas dan jujur, jangan dilebih-lebihkan, jangan dikurang-kurangkan. Ketidakjujuran akan berpengaruh pada intonasi bicara mu! Kamu akan kelihatan grogi dan tidak tenang. Apalagi si pewawancara mungkin sudah mewawancarai ratusan, bahkan ribuan orang sebelum kamu. Dengan pengalamannya, dia bisa saja tahu mana hal-hal yang kamu jawab jujur dan hal-hal yang kamu jawab tidak jujur.


8. Tidak percaya diri, serta tidak yakin pada kemampuan sendiri
PEDE! Kamu lebih hebat daripada yang kamu tahu. Berbicaralah dengan tenang dan mantap, jangan terlihat gemetaran atau terbata-bata dalam menjawab pertanyaan. Ini kesempatanmu untuk menunjukkan kualitasmu. Ketika pewawancara mempertanyakan skill-mu, hindari jawaban "bisa sedikit-sedikit", atau "tidak bisa". Yakinkan dirimu bahwa kamu mampu, dan kalaupun kamu belum mahir, kamu bisa belajar untuk memantapkannya di kemudian hari.


9. Bidang pekerjaan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikanmu
Kalau untuk hal ini, rasanya tidak perlu penjelasan lebih jauh. Perusahaan sudah pasti membutuhkan para profesional yang siap pakai untuk pekerjaan yang tersedia. Beberapa perusahaan mungkin tidak mau membuang waktu untuk memberikan suatu pekerjaan sebagai sarana belajar untuk para pekerja barunya, Kecuali kamu berjanji untuk mengakselerasi kemampuanmu di bidang tersebut. Tapi jangan putus asa, ada juga kok beberapa perusahaan yang tidak masalah membimbingmu dari nol.

10. Kamu terlalu cerewet dan banyak menuntut
Walaupun sebelumnya sudah dijelaskan jika kita harus senantiasa aktif dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Bukan berarti kita harus mendominasi percakapan juga. Berbicaralah sesuai porsi. Selain itu jangan terlalu banyak menuntut kepada perusahaan. Jika belum apa-apa kamu sudah meminta gaji sekian, fasilitas ini dan itu. Sudah pasti perusahaan bakal malas untuk menerimamu.