Awas, Lirik Lagu-lagu Yovie Widianto Ini Bisa Bikin Baper Maksimal

- Desember 13, 2017



Yovie Widianto. Penggemar musik Indonesia, apalagi penggemar musik-musik mellow pasti udah gak asing sama nama tersebut. Salah seorang jenius musik made in bandung yang udah malang melintang lebih dari 30 tahun di industri musik Indonesia.

Yovie bisa dibilang seorang penulis lagu dengan spesialisasi lagu-lagu cinta. Lewat tangan dinginnya pula, Kahitna, sebuah band bentukannya pada tahun 1986 berhasil menjadi salah satu ikon musik pop cinta di Indonesia yang tidak goyah tersalip musisi-musisi baru. Bahkan walaupun usia Kahitna sudah memasuki kepala 3, tapi penggemarnya seakan terus berregenerasi, Kahitna tetap memiliki penggemar dengan rentang usia yang luas, dari mulai ABG sampai om-om dan tante-tante.

Selain Kahitna, Yovie juga membentuk sebuah band dengan nuansa yang lebih fresh dan "muda", serta masih berhiaskan lagu-lagu cinta. Yovie & Nuno; sebuah band yang sejak debutnya pada tahun 2004 mampu menarik jutaan pasang telinga untuk menikmati hits-hits asoy mereka.

Tidak hanya menciptakan lagu untuk band-band-nya, Yovie juga seringkali dipercaya untuk membuatkan lagu untuk penyanyi-penyanyi papan atas di Indonesia, dan rata-rata berhasil menjadi hits.

Dan bicara tentang Yovie, pasti gak bisa lepas tentang imejnya yang cenderung "mellow". Beberapa lagunya khas dengan alunan melodi yang mendayu serta lirik yang "nyelekit" sampe ke hati.

Nah, kalo kamu lagi galau dan pengen menaikkan level galau kamu beberapa level biar pol, plong, puas, boleh deh sambil ditemenin lagu-lagu yovie yang ini yuk...

1. Menjaga Hati -Yovie & Nuno

biarkan aku menjaga perasaan ini
menjaga segenap cinta yang telah kau beri
engkau pergi aku takkan pergi
kau menjauh aku takkan jauh
sebenarnya diriku masih mengharapkanmu...

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ditinggalkan kekasihnya karena berpaling ke lain hati. Tapi biarpun demikian, dia masih cinta dan masih mengharapkan kekasihnya itu kembali. Dia tidak melabuhkan hatinya ke hati yang lain, sebaliknya, dia tetap menjaga perasaannya hanya untuk dia yang telah meninggalkannya.


2. Mantan Terindah - Kahitna

Mau dikatakan apa lagi
Kita tak akan pernah satu
Engkau di sana, aku di sini
Mesti hatiku memilihmu

Lagu yang sempat dibawakan juga oleh Raisa ini menceritakan tentang seseorang yang mempunyai mantan, dan mantannya ini selalu mengajak untuk 'balikan', tapi keadaan sudah tidak mendukung, mungkin karena masing-masih sudah punya pasangan.

Tapi si seseorang tadi malah jadi baper, karena sebenernya dia juga masih ada feeling kepada mantan kekasihnya itu. Tapi biarpun begitu, masing-masing dari mereka memutuskan buat gak 'balikan' dan memendam rasa. Yang penting, mereka tau kalo mereka masih saling cinta.


3. Cinta Sendiri - Kahitna

Biar aku yg pergi bila tak juga pasti
Adakah selama ini aku cinta sendiri?
Biar aku menepi, Bukan lelah menanti
Namun apalah artinya cinta pada bayangan...
Pedih aku rasakan, Kenyataannya,
Cinta tak harus saling memiliki

Inilah anthem untuk para korban PHP. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang diberikan harapan oleh orang yang dicintainya, harapan bahwa suatu hari cintanya akan berbalas. Namun waktu berlalu, kepastian itu tak kunjung datang, dan akhirnya dia pun lebih memilih pergi untuk pergi, menyerah. 


4. Sempat Memiliki - Yovie & Nuno

Aku Hancur, ku Terluka,
Namun Engkaulah Nafasku...
Kau cintaku, meski aku bukan di benakmu lagi...
dan ku beruntung, sempat memilikimu...

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang telah berpisah dengan kekasihnya tapi masih menyimpan rasa yang kuat di hatinya. Bahkan walaupun orang yang dicintainya tersebut tidak membalas cintanya kini, dia tetap menyayanginya, dan bersyukur bahwa dia pernah memilikinya di masa lalu.


5. Sebatas Mimpi - Hedi Yunus

biarkanlah cinta tak berbalas,
bila memang harus ku nikmati cinta hanya sebatas mimpi,
biar saja kasih indah tak pernah lekat,
walau semua kini hanya sebatas mimpi...

Selain oleh Hedi Yunus, lagu ini pernah dibawakan juga oleh Rita Effendi dan Witri. Lagu yang bercerita tentang seseorang yang merasa sakit karena orang yang dicintainya mengingkari janji untuk selalu bersama dalam kemesraan, dan malah berpaling kepada orang lain. Namun demikian, dia tetap menikmati cinta yang pernah ada, walaupun hanya sebatas impian.


6. Sakit Hati - Yovie & Nuno

Aku sakit, aku sakit hati,
Kau terbangkan ku ke awan,
Lalu jatuhkan ke dasar jurang...
Aku sakit, dan ku tak mengerti,
Kau berikan mimpi indah
Namun kenyataan tak seindah mimpi...
Sadar kini cinta tak berbalas

Lagu PHP lainnya dari Yovie Widianto. Bercerita tentang seseorang yang "merasa" memiliki hubungan spesial dengan orang yang dicintainya, tapi kenyataannya tidak demikian. Cintanya bertepuk sebelah tangan, tak berbalas, dan tak seindah apa yang dia impikan.


7. Galau - Yovie & Nuno

Bila cintaku ini salah
Hatiku tetap untukmu,
Namun kenyataannya parah
Dirimu tak pernah untukku...

Judulnya aja udah galau nih...  Lagu ini bercerita tentang seseorang yang mencintai seseorang tapi masih belum yakin dengan apa yang dirasakannya. Yang dia tau hanyalah dia sedang jatuh cinta. Tapi dia terjebak dalam ragu sehingga ketika dia semakin mendekati orang yang dicintainya itu, dia justru merasakan sesuatu yang membuatnya merasa jauh. Dan ternyata benar, dia tak pernah bisa memiliki orang yang dicintainya itu.


8. Cinta Sudah Lewat - Kahitna

Tanpa mu cinta tak berarti,
Cinta sudah lewat,
Tak kukira kan begini...
Mengapa harus kau terikat?
Meski t'lah terucap
"Hanya aku yang ada di hatimu"

Typical banget. Banyak lagu-lagu Yovie yang bertema seperti ini. Rindu mantan kekasih. Seseorang yang meratap, merindukan seseorang yang sudah bukan miliknya lagi, namun tersadar bahwa dia harus sebisa mungkin menahan rasa cinta dan rindunya.


9. Takkan Terganti - Kahitna

Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan,
Semua tak 'kan mampu mengubahku,
Hanyalah kau yang ada di relungku...
Hanyalah dirimu mampu membuatku jatuh dan mencinta,
Kau bukan hanya sekedar indah,
Kau tak akan terganti...

Ini bisa dibilang soundtrack untuk mereka yang susah move on. Lagu yang pernah juga dibawakan oleh marcell ini bercerita tentang seseorang yang sudah sekian lama terjebak dalam kesendirian dan tak kunjung bisa membuka hati untuk sosok lain, karena kadung cinta mati dengan seseorang yang pernah mengisi hatinya. Dia merasa tidak ada seorangpun yang bisa menggantikan sosok mantan kekasihnya.


10. Inginku Bukan Hanya Jadi Temanmu - Yovie & Nuno

Inginku bukan hanya jadi temanmu,
Atau sekedar sahabatmu,
Yang rajin dengar ceritamu...
Tak perlu hanya kau lihat ketulusan,
Yang sebenarnya tak kusangka,
Kadang ku hilang kesabaran...
Mungkinkah akan segera mengerti,
Seiring jalannya hari,
Sungguh ku tergila padamu...

Friendzone Alert! Lagu ini bercerita tentang seseorang yang memiliki rasa cinta yang hebat terhadap sahabatnya, tapi sahabatnya tersebut tidak menyadari hal ini, justru sang sahabat malah kerap menjadikannya sebagai teman curhat, bahkan curhat tentang kekasihnya.


***
Artikel ini sudah terlebih dahulu ditulis di sini dengan judul "Kutipan Lirik Lagu-lagu Yovie Widianto yang Bisa Bikin Galaumu Semakin Menjadi"